Marketplace dalam Forum Bisnis Alumni

( kata)

Forum Bisnis Alumni IPB, untuk yang pertama kalinya, sukses digelar pada 7 Maret 2020 di Gresik, Jawa Timur.

Pada FBA ini kami membuka kesempatan seluas-luasnya para peserta untuk melakukan sinergi dan kolaborasi, dengan semua peserta lainnya. Semua peserta datang dengan membawa semua senjata bisnisnya, baik produknya, brosur, alat peraga dan lainnya, untuk disosialisasikan, dijual dan/atau dikerjasamakan. Karena FBA memang dibuat untuk menjadi wadah berkolaborasi dan berjualan secara real, antar pebisnis alumni IPB.

Forum Bisnis Alumni adalah bukan forum seremonial, tetapi forum yang sangat dinamis, semua peserta tidak hanya duduk manis mendengarkan paparan para kolaborator sharing bisnis. Semua peserta harus aktif menangkap peluang, memperkenalkan produknya, meyakinkan peserta lainnya untuk bisa berkolaborasi dengan perusahaannya. Kami membuka peluang dan kesempatan ini kepada semua peserta dalam sesi yang kami sebut Marketplace.

Pada sesi marketplace yang dipandu oleh Sekjen DPP HA IPB Walneg Jas, kami memberi kesempatan semua peserta untuk maju kedepan, membawa penawaran terbaiknya, dengan waktu tidak lebih dari tiga menit. Jadi betul-betul harus sudah dipersiapkan kata demi kata yang akan disampaikan, produk terbaik, brosur terbaik, dan semua hal yang mendukung untuk menarik peminat sebanyak dan secepat mungkin. Fast selling, fast collaborating, and fast decision.

Suasana sangat hidup pada sesi ini, semua bersemangat maju kedepan, dan pada saat yang bersamaan semua peserta pun fokus pada penawaran yang sedang berlangsung, agar tidak sampai ketinggalan peluang terbaik yang ditawarkan peserta lainnya. Mulai dari penawaran produk, kerjasama distribusi, menawarkan sebagai supplier, penawaran jasa, dan lainnya, semua secara bergantian maju kedepan. Satu hal yang kami minta sejak sebelum acara dimulai, yaitu penawaran terbaik khusus pada saat FBA. Penawaran terbaik bukan harga agen atau distributor, bukan harga khusus yang biasa diberikan, tetapi harus harga terbaik yang hanya berlaku saat FBA berlangsung. Karena FBA adalah forum istimewa, dengan penawaran istimewa, untuk semua peserta yang istimewa.

Beberapa pebisnis UMKM sangat terbantu dengan adanya sesi marketplace. Walau diawal-awal mungkin masih banyak yang belum begitu bisa mencerna maksud sesi ini, tapi dengan dipandu secara interaktif oleh pemandu acara yang sangat berpengalaman dan beberapa kali terlibat acara marketplace skala internasional, suasana semakin hidup dan dinamis. Sampai sulit untuk diakhiri, semakin mendekati batas waktu, semakin sulit dibendung, sampai tuan rumah Mas Najikh pun turut serta melantai di sesi marketplace.

Gelaran perdana yang membuat semua peserta ketagihan, agar Forum Bisnis Alumni digelar berkesinambungan. Tentu harapan tanpa alasan, dan sesuai dengan amanat Ketua Umum DPP HA IPB kepada kami, "Forum Bisnis Alumni adalah program legacy DPP HA IPB, yang harus berkesinambungan, tetap dilaksanakan, walau kepengurusan berganti.,"

Pada sesi marketplace ini, terlahir tujuh MOU antar pebisnis alumni IPB, dari mulai MOU pengadaan barang, penyediaan jasa, suplai bahan bakar, kerjasama distribusi, dan lainnya. Jumlah MOU terus bertambah walau acara sudah berakhir, karena semua peserta kami wadahin dalam Whatsapp Group, untuk melanjutkan sinergi dan kolaborasi, ini juga merupakan salah satu privilage untuk semua peserta FBA yang sudah menguatkan niat, meluangkan waktu, energi dan materi, hadir di Gresik, yang datang dari berbagai kota di Indonesia.

Bagi sahabat alumni IPB yang belum berkesempatan hadir, semoga sharing ini dan sharing teman-teman peserta lainnya tentang FBA, bisa memberi sedikit gambaran tentang apa itu FBA. Sehingga bisa menjadi pemacu dan pemicu, untuk memastikan menjadi salah satu bagian dari FBA berikutnya.

Salam FBA

Rinrin Jamrianti

Bisnis Lainnya