IPB SCIENCE TECHNO PARK

( kata)

IPB Science Techno Park merupakan area terpadu yang digunakan untuk pengembangan dan komersialisasi hasil inovasi produk dan jasa bidang pertanian tropis, pangan dan bio-sains yang didukung oleh fasilitas dan infrastruktur yang baik serta peraturan yang kondusif.

Dengan visi Menjadi Science Techno Park Paling Produktif di bidang Pertanian Tropis, Pangan dan Biosainsdi Asia Tenggara. Yang dijabarkan dalam empat misi, Menyediakan layanan fasilitas laboratorium dan pilot plant serta jasa analisis bagi riset komersial dan pengembangan produk, menyelenggarakan program inkubasi bagi start-up bisnis berbasis science dan technology, Melakukan interfacing antara inovator dengan kalangan industri dalam komersialisasi hasil inovasi, dan Menyediakan layanan pengembangan SDM dan solusi bisnis di bidang pertanian tropis, pangan, dan biosains.

Kegiatan utama IPB Science Techno Park berfokus pada penelitian komersial dan pengembangan produk, Technology Business Incubation, Pelatihan lokakarya dan konsultasi yang berhubungan dengan pengembangan produk/jasa berbasis hasil inovasi, dan pilot plant skala start-up. Serta kegiatan pendukung yaitu, fasilitas laboratorium bersama; Bio Medicine, Bio Technology, dan Food Technology. Mengadakan seminar dan konferensi ilmiah serta bisnis skala regional, nasional dan internasional. Dan kegiatan pembelajaran yang menghibur dan menarik (edutainment).

Unit bisnis yang dikelola meliputi PT IPB Shigeta Animal Pharmaceutivals, Serambi Botani, Bio Medical Technology Indonesia, PT Botani Seed International memproduksi benih pepaya Calina, benih cabai dan pada tahun 2015 mengembangkan benih padi IPB 3S, mengembangkan benih kedelai hitam malika, pengembangan benih tomat tora dan cabai anies, PT FITS Mandiri yang pada tahun 2015 memulai produksi functional food skala komersial terbatas di pilot plant. Pada tahun 2016, membentuk PT Agri Lestari Indonesia, SBU Metatron dan PT IPB Science Park.

IPB Science Techno Park melakukan beberapa kerjasam industri diantaranya bekerjasama dengan PT Indofarma, Tbk memproduksi SASUMUZI Healthy Snack pangan sehat yang terbuat dari sukun berbentuk sagon yang kaya akan gizi. Bekerjasama dengan PT Unilever Indonesia, Tbk dalam budidaya kedelai hitam malika untuk benih dan konsumsi pabrik kecap Bango milik PT Unilever Indonesia. Menciptakan Fastrex CT, transporter handal di lahan perkebunan dan kehutanan, hasil kerjasama dengan PT Astra Agro Lestari, Tbk dan PT Inka Multi Solution. Dan mengembangkan benih padi IPB 3S bersama Kementerian Pertanian, PT Pertani, PT Sang Hyang Sri, Asosiasi Perbenihan Indonesia dan Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB.

Beberapa produk yang masih dalam tahap validasi menuju komersial diantaranya, Katulac yaitu Feed Additive untuk meningkatkan produksi susu pada sapi perah, Sormeal cereal sehat berbahan sorgum, Rapid Test Flu Burung berupa test kit untuk mendeteksi flu burung secara cepat dan Inventpro enzim rekombinan reverse transcriptase simian betaretrovirus serotipe-2.

Rep: Erick Mubarok

Bisnis Lainnya