Entrepreneur Trip IV - Sesi 1 : PT. Sedana Peternak Sentosa

( kata)

Entrepreneur trip, adalah trip yang kami desain bukan sekedar jalan-jalan biasa, tapi bisa menciptakan dan menumbuhkan manfaat, dalam mendukung dan menguatkan usaha-usaha yang dimiliki teman-teman alumni. Mensinergikan usaha antar alumni, agar saling terkait, menciptakan satu ikatan yang kuat satu sama lain. Bagi yang belum memasuki dunia wirausaha, tentu trip ini juga sangat dianjurkan, agar membuncahkan keinginan dan niat yang kuat untuk memulainya.

Alhamdulillah Entrepreneur Trip sudah dilaksanakan empat kali, yaitu Entrepreneur Trip 1 ke Jogjakarta, Entrepreneur Trip 2 ke Cirebon, Entrepreneur Trip 3 ke Bandung, dan pada tanggal 8 Maret 2020 kami melakukan Entrepreneur Trip 4 ke Jawa Timur (Jombang dan Sidoarjo).

Pada Entrepreneur Trip 4, perusahaan pertama yang kami kunjungi yaitu Sedana Peternak Sentosa, yang didirikan Rahardi Gautama, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang peternakan yang terintegrasi dengan pertanian sorgum. Seperti yang disampaikan Rahardi kepada kami, bahwa : "Peternakan kami terintegrasi dengan pertanian sorgum, yang kami kelola sendiri, dan kotorannya kami kembalikan untuk digunakan sebagai pupuk tanaman sorgum."

Konsep integrasi ini adalah pilihan yang tepat, simbiosis mutualisme. Sehingga lebih efektif dan efisien, serta percepatan dalam pertumbuhan dan pengembangannya. Nyaris tidak ada yang tersiakan, semua saling membutuhkan.

Para peserta Entrepreneur Trip, berkesempatan melihat langsung peternakan dan perkebunan Sedana Battle Farm, sapi-sapi yang sehat dan berotot (ini salah satu kelebihannya), dimana karkasnya melebihi 53%. Juga perkebunan sorgum yang hijau, membuat sedikit teduh disaat udara Jombang yang cukup panas.

Sedana Battle Farm yang memiliki 9Ha peternakan dan 20Ha pertanian sorghum, tidak hanya memproduksi pakan, perusahaan yang dirintis sejak tahun 2009 ini juga menjadikan sorgum sebagai bahan pangan. Beberapa produk pangan yang dihasilkan, yaitu beras, tepung, gula, kecap dan nektar yang kini telah didistribusikan ke beberapa kota besar di Indonesia.

Kunjungan yang sangat menginspirasi, Sedana Battle Farm membuka peluang besar untuk teman-teman alumni lainnya bisa belajar dan mengembangkan hal yang sama di daerahnya, terbuka untuk kolaborasi dan sinergi. Silahkan kontak langsung ownernya, untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

Berbagai hidangan dari sorgum sudah disiapkan, menyambut kedatanganan peserta Entrepreneur Trip, dan banyak yang baru pertama kali merasakan nikmatnya olahan sorgum. Tak kenal maka tak sayang, setelah kenal membuat ketagihan.

Cerita perjalanan ke Sedana Battle Farm memang sangat menarik, sulit mengakhirinya. Terlalu banyak yang ingin disampaikan dan dideskripsikan. Sungguh bersyukur peserta yang sudah hadir di Sesana Battle Farm.

Terima kasih kepada Sedana Battle Farm, semoga akan banyak alumni yang bersinergi dan berkolaborasi. Sehingga salah satu tujuan dari Entrepreneur Trip ini bisa tercapai.

#entrepreneurtrip #dpphaip

#kewirausahaanipb

Bisnis Lainnya