AGRIMART IPB

( kata)

AGRIMART adalah sarana One Stop Shopping  bagi produk unggulan IPB. AGRIMART diresmikan tanggal 22 Desember 2006 merupakan fasilitas milik IPB yang dikelola di bawah Direktorat Pengembangan Institusi dan Usaha Penunjang (PIUP).

LATAR BELAKANG

Pemikiran membangun AGRIMART bermula dari upaya untuk mencari jalan keluar atas masalah pemasaran bagi produk-produk yang telah dihasilkan oleh unit-unit usaha akademik di lingkungan IPB. Melalui kreativitas dan keilmuannya, staf pengajar IPB telah menghasilkan sejumlah karya besar berupa paten dan produk-produk berkualitas. Prestasi membanggakan ini harus dikembangkandan ditindaklanjuti agar karya ilmiah tersebut tidak hanya dikenal di kalangan kampus, namun juga perlu disebarluaskan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sebagian produk unggulan IPB sudah dihasilkan secara rutin dan mulai memasuki pasar, namun ragam dan jumlahnya masih sangat terbatas. Mengingat dana institusi yang belum memadai, sehingga sebagian produk lainnya masih kesulitan dalam pemasarannya. Untuk mendorong pengembangan usaha tersebut diperlukan upaya-upaya promosi dan pemasaran produk unggulan IPB secara lebih luas, yang tentunya membutuhkan dukungan dana yang cukup besar.

Atas dasar itu IPB berusaha mencari peluang kerjasama dengan pihak lain untuk membiayai pembangunan fasilitas. Kerjasama juga perlu dilakukan dalam membangun jaringan (networking) karena masalah pemasaran baru dapat terpecahkan apabila mampu membangun jaringan pemasaran yang kontinu dan luas.

AGRIMART merupakan jawaban atas kebutuhan sebagai pusat promosi dan pemasaran produk IPB. Fasilitas ini juga difungsikan untuk memberi kemudahan memperoleh kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan aman bagi seluruh civitas akademika. Di sisi lain AGRIMART berfungsi menunjang AGROEDUTOURISM, karena akan menjadi titik akhir kunjungan wisata pendidikan di kampus dan sebagai pusat belanja untuk membeli oleh-oleh produk unggulan IPB.

PENGELOLAAN AGRIMART

Seluruh pengelolaan AGRIMART dikendalikan dan menjadi kebijakan IPB, baik dalam hal SDM, manajemen keuangan, maupun pemilihan jenis-jenis produk. Apabila hingga saat ini ragam produk IPB masih sangat terbatas, hal itu disebabkan masih banyaknya produk unggulan IPB lainnya yang belum mendaftarkan ke AGRIMART. DIharapkan dengan berjalannya waktu, ragam dan jumlahnya akan semakin meningkat.

Tindak Lanjut

Untuk produk-produk yang dipasarkan di AGRIMART, IPB melalui PIUP akan memfasilitasi pengembangan produk dan kelengkapan standar registrasi produk dari instansi terkait. Tujuannya adalah untuk memenuhi persyaratan memasuki pasar bebas dan mampu bersaing dengan produk lainnya. Kebijakan ini akan dilaksanakan tahun 2007 melalui program Indonesia Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (I-MHERE)

Sehubungan dengan hal tersebut Dir PIUP mengundang Unit-Unit usaha Akademik yang belum terlibat, untuk turut berpartisipasi dalam pemasaran bersama produk unggulan IPB di AGRIMART.

Bisnis Lainnya