aksi relawan mandiri

Tingkatkan Peran Kemanusiaan, Himpunan Alumni IPB Lantik Pengurus Aksi Relawan Mandiri

( kata)

Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) mengadakan pelantikan pengurus Aksi Relawan Mandiri (ARM) HA IPB di gedung IPB Internasional Convension Center, Kota Bogor, Selasa (10/12/2019).

Pelantikan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan peran di bidang kemanusiaan. ARM sendiri merupakan badan otonom di bawah HA IPB yang berfungsi mewadahi kepedulian alumni IPB untuk membantu pemerintah meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam dan krisis kemanusiaan di Tanah Air.

Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua Umum HA IPB Fathan Kamil. Dalam sambutannya ia menegaskan bahwa IPB selama ini solid dan selalu berkomitmen untuk membangun bangsa.

“IPB selalu hadir dalam perjalanan bangsa, dan dalam situasi sekarang kita harus menyelamatkan ekosistem alam untuk generasi mendatang,” jelasnya.

Indonesia, kata dia, merupakan negara dengan korban bencana terbesar kedua di dunia. “Dari Tsunami Aceh saja ratusan ribu, ditambah daerah-daerah lainnya yang jumlahnya sampai ribuan orang,” ungkap Fathan.

Dari kejadian bencana tersebut, kata dia, maka banyak talenta dan potensi bangsa menjadi berkurang. Sementara itu, kemampuan masyarakat untuk mengurangi potensi bencara itu masih kurang. “Karena itu kita hadir dalam misi kemanusiaan ini sekaligus untuk meringankan tugas pemerintah untuk melindungi warga negara,” ujarnya.

Kata Fathan, HA IPB melihat masalah ini sebagai prioritas yang harus diatasi. “Karena itu kita membentuk badan otonom yaitu ARM. Kehadiran ARM sangat penting, karena itu mari bersinergi dengan berbagai pihak untuk menjalankan misi kemanusiaan ini,” kata dia.

ARM sendiri, selama ini sudah melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan. Sudah banyak daerah bencana yang dikunjungi dan dibantu oleh ARM. “ARM selalu tanggap, bahkan H+1 para relawannya sudah ada di lokasi bencana,” ungkap Fathan.

Namun yang penting juga, lanjut Fathan, IPB dengan berbagai keahliannya diperlukan untuk hadir sebelum terjadinya bencana. Penting diadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya pencegahan atau penanggulangan bencana.

“Kehadiran ARM menjadi jawaban untuk berkontribusi dalam membuat berbagai program kemanusiaan. Kita harus hadir baik sebelum maupun setelah terjadinya bencana. Dan semoga Allah meridhoi kegiatan kita agar menjalankan amanah ini dengan baik,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, diadakan penandatangan sejumlah MOU kerjasama antara HA IPB dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Laznas Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Yayasan Al Maghfiroh BPJS Ketenagakerjaan. Dalam kesempatan itu para relawan ARM diberikan jaminan sosial dari BPJS.

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Wakil Rektor IPB Drajat Martianto, Sekreteris Utama BNPB Harmensyah dan lainnya. ARM sendiri dalam kepengurusan pertama ini dipimpin oleh Nurbowo, aktivis kemanusiaan yang selama ini sudah banyak berkontribusi di berbagai daerah di Indonesia.

red: adhila

Sumber : SuaraIslam.id

Terkait