Perkuat Ikatan Antar Alumni, HA IPB Sudah Adakan 59 Kegiatan Dalam 2 Tahun

( kata)

Ketua Umum Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Fathan Kamil mengatakan HA IPB yang ia pimpin sudah melaksanakan sebanyak 59 kegiatan dalam 2 tahun (2018 dan 2019). Dan capaian itu semakin memperkuat bonding (ikatan) antar alumni IPB. Demikan ia sampaikan di Acara Silahturahmi Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Kaleidoskop HA IPB 2018 & 2019 yang diadakan DPP HA IPB Periode 2017-2021, Minggu (22/12/2019), di kediamannya di Bekasi.

“Message (pesan) yang ingin disampaikan dari pelaksanaan sekian banyak kegiatan itu adalah untuk memperkuat bonding antar alumni IPB di seluruh Indonesia. Sekarang ini zamannya sinergi dan kolaborasi, bukan individualis,” tegas Fathan dalam uraiannya.

Ia mencontohkan kegiatan Mentoring Leader yang sudah menjadi program rutin unggulan itu untuk membangun ikatan junior dengan senior yang sukses. Para junior ditempelkan langsung dengan para senior untuk dibimbing hingga bisa melanjutkan kiprah kesuksesannya.

Selanjutnya Fathan menyampaikan bonding yang semakin kuat itu dilandasi semakin tumbuhnya jiwa korsa antar alumni IPB. Yakni kesadaran tiap alumni IPB untuk bergerak bersama dalam kesatuan yang akan membesarkan dirinya (masing-masing alumni IPB) sekaligus almamaternya, dan serta merta kemudian bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Donor darah dari serentak 9 kota tahun 2018 menjadi 20 kota tahun 2019 itu dilakukan supaya tersentuh jiwa korsanya. Satu komando bergerak bersama,” tandasnya.

Kemudian Fathan menyampaikan sebagai warisan untuk periode berikutnya maka ditradisikan tiap tahun akan dibuat laporan (annual report) sebagai bentuk pertanggungjawaban amanah yang diemban.

“Insyaallah sedang disusun Annual Report (2018 dan 2019) DPP HA IPB dengan penilaian capaian dengan ukuran-ukuran yang terukur. Dan nantinya akan dibagikan kepada seluruh DPD (Dewan Pengurus Daerah), DPC (Dewan Pengurus Cabang), dan DPK (Dewan Pengurus Komisariat),” kata Fathan.

Dipenghujung tahun 2019 HA IPB juga sudah meluncurkan Badan Otonom Manajemen Kebencanaan yang diberi nama ARM HA IPB, yakni Aksi Relawan Mandiri dari Alumni IPB untuk kemanusiaan. Dan mengawali tahun 2020, HA IPB akan mendukung program Festival Buah Nusantara yang diselengarakan oleh HA IPB DPD Sumatera Selatan pada bulan Januari 2020, melakukan Kick Off Forum Bisnis Alumni di Jawa Timur pada Februari serta menyelenggarakan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ke-3 di Kuala Lumpur pada bulan Maret 2020.

Sumber : sergapreborn.id