jafest

Launching Jafest 2021 : Pemulihan Ekonomi Indonesia dengan Kekuatan Budaya, Ekonomi Kreatif dan Potensi Pariwisata Jawa Barat

( kata)

Disaat semua komponen bangsa bergerak untuk menahan penyebaran virus Covid-19 dan menghilangkan pandemi melalui upaya vaksinasi, perlu langkah-langkah strategis untuk pemulihan ekonomi.

Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021 merupakan upaya IKA UNPAD, IA ITB, ILUNI UI dan HA IPB untuk memulihkan perekonomian nasional melalui upaya-upaya pelestarian budaya, ekonomi kreatif dan UMKM serta promosi pariwisata. Upaya pemulihan ekonomi ini akan melibatkan dan memberikan dampak langsung bagi masyarakat.

JaFest 2021 akan diadakan pada tanggal 20-24 Maret 2021 dengan menggunakan sarana digital. Soft opening akan diadakan di Bogor dalam bentuk pementasan budaya dan tari yang akan disiarkan dan melibatkan para duta besar Indonesia di luar negeri dan dengan mengundang para duta besar negara sahabat. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mempromosikan keragaman dan kekuatan budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa Barat.

Grand opening akan diadakan pada tanggal 21 Maret 2021, bertempat di Bandung. Dalam Grand Opening selain juga akan memperagakan seni tari dan budaya, akan diperkenalkkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan sepanjang acara JaFest 2021.

JaFest akan mengusung beberapa daerah dengan potensi budaya, ekonomi kreatif dan pariwisata seperti Bandung Raya, Bogor Raya, Garut, Cirebon dan Depok.

Garut akan mengusung acara peninjauan desa wisata di beberapa wilayah di Garut.

Cirebon akan mengusung kegiatan dialog peradaban yang akan dilakukan di Kereta Wisata dari Bandung ke Cirebon yang juga aka disiarkan secara luas melalui platform digital.

Sebagai upaya untuk menggairahkan ekonomi kreatif dan UMKM, sepanjang 5 hari penyelenggaraan, akan diadakan digital expo Ekonomi Kreatif dan UMKM, dimana lebih dari 500 pelaku ekonomi kreatif, start up dan UMKM akan turut serta.

Yang tak kalah menarik adalah kegiatan Ulinpiadeueh, kerja sama penyelenggara dengan TikTok, berupa Kaulinan Challenge. Kelompok orang dalam kluster keluarga diminta mengunduh permainan perepet jengkol (saat ini sudah punah dan akan dihidupkan kembali) untuk diupload ke TikTok. Target, 1500 video terkumpul sepanjang penyelenggaraan JaFest.

Penutupan akan dilakukan di Depok, yang merupakan pengakuan bahwa budaya Betawi juga merupakan salah satu bagian dari kekayaan dan ragam budaya Jawa Barat.

Bandung, 7 Maret 2021

  • Andre Rahadian
  • Fathan Kamil
  • Irawati Hermawan
  • Ridwan Djamaluddin