Gunung Soetopo : Alumni IPB Harus Mewujudkan Kedaulatan Pangan

( kata)

Bogor (Alumniipb.org) - Gunung Soetopo, Petani Inovatiif yang telah sukses menjadi petani holtikultura mengatakan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) harus berkontribusi besar dalam memajukan bangsa terutama turut serta dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.

“Kedaulatan pangan di Indonesia merupakan suatu hal yang sangat penting” kata Gunung pada rangkaian acara Lokakarya dalam Musyawarah Nasional (Munas) V Himpunan Alumni (HA) IPB, di ICC Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/12).

Kendati demikian, menurut Gunung, pertanian di Indonesia masih belum berdaulat. Hal tersebut terlihat dari angka impor produk pertanian di Indonesia yang masih tinggi.

Gunung mengatakan, jika memungkinkan alumni IPB yang bergerak di pertanian, harus lebih ditingkatkan kembali. Bila perlu, lanjutnya, dilakukan riset terlebih dahulu sehingga dapat menemukan inovasi baru guna menanggulangi hal tersebut.

Gunung juga menjelaskan, IPB merupakan perguruan tinggi yang dibangun guna fokus dalam memajukan pertanian Indonesia. Sehingga seharusnya alumni IPB dalam profesi apapun, dapat bersama-sama mengunggah seluruh alumni IPB untuk terlibat langsung dalam memajukan pertanian.

“Bila perlu mendidik adik-adik yang masih mahasiswa dan alumni untuk terjun langsung ke lahan, itu juga salah satu langkah yang tepat dan nyata untuk meningkatkan pertanian.” Tegas Gunung.

Gunung berharap, kelak impor produk pertanian di Indonesia dapat berkurang dan mampu meningkatkan produksi produk local pertanian. (mgl)

n

n