jendela kemanusiaan lestari

Yayasan Jendela Kemanusiaan Lestari Alumni IPB Gagas Pembentukan Kampoeng Merdeka Belajar di Bogor

( kata)

Demi mewujudkan keadilan mendapatkan fasilitas daring bagi siswa siswi prasejahtera, Yayasan Jendela Kemanusiaan Lestari (JKL) berkolaborasi dengan instansi pemerintah dan swasta wujudkan program Kampoeng Merdeka Belajar (MerBel).

Yayasan ini di-launching bersamaan dengan soft launching Kampoeng Merdeka Belajar (Kampoeng MerBel) di Kampung Kebun Manggis Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah, (16/8). Acara ini dihadiri dan diresmikan secara simbolis oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Kampoeng MerBel adalah salah satu Program Unggulan di bidang pendidikan yang digagas oleh Yayasan JKL dengan pilot project pertama di Kampung Kebun Manggis RW 4. Pilihan lokasi tersebut mewakili kampung prasejahtera, berada di bantaran kali Cipakancilan yang hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua dan memiliki fasililtas bale warga sebagai tempat anak didik belajar.

Dengan jumlah sekitar 378 Kepala Keluarga, rata-rata masyarakatnya adalah katagori prasejahtera, yang kekurangan secara ekonomi terlebih dalam masa pandemik ini. Kondisi ini ditambah lagi kebutuhan akses daring bagi siswa-siswi belajar mandiri selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kolaborasi yang dijembatani oleh Yayasan JKL dengan para donatur tersebut diwujudkan dengan menyerahkan 25 laptop (layak pakai) yang terdiri dari 10 Unit laptop untuk Kampoeng MerBel dan 15 Unit untuk siswa-siswi prasejahtera, serta beasiswa untuk anak yatim Komunitas 31 dan siswa siswi prasejahtera.

Selain itu kerjasama juga dilakukan dengan Perum Bulog dalam penyaluran 200 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dan donasi 1000 masker dari PT Zoom Infotek Telesindo.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Yayasan JKL atas ikhtiar yang dilakukan dalam menggagas program donasi, yang memudahkan warga mendapatkan akses dan bantuan untuk pembelajaran jarak jauh, melalui momentum HUT Ke-75 Kemerdekaan RI ini, kita pastikan anak-anak kita sekaligus saudara kita warga Kota Bogor bisa memperoleh akses yang setara agar bisa mencapai cita-citanya," ujar Bima Arya dalam sambutannya.

Rektor IPB University juga menyampaikan ucapan selamat atas kiprah para Alumni IPB University angkatan 31 atas berdirinya Yayasan JKL yang memberi perhatian dan kepedualian terhadap mahasiswa dan kampus IPB University. "Semoga dilancarkan rejeki sehat selalu dan barokah," ujar Prof Arief Satria di Rektorat IPB University beberapa hari sebelumnya.

Hadir dalam acara Launching tersebut, Ketua Himpunan Alumni IPB University R. Fathan Kamil, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fakhrudin dan Camat Bogor Tengah Abdul Wahid. Mereka menyampaikan harapannya agar Yayasan JKL bisa melaksanakan program-program sesuai visi misi yang diembannya.

Sebagai simbolis launching Yayasan JKL, dilakukan penusukan balon sebagai penanda Yayasan JKL akan berupaya menjembatani masyarakat dengan stakeholders di bidang pendidikan, ekonomi dan lingkungan.

Sumber : ipb.ac.id

Terkait