Sekebun Goes to Buton

( kata)

Semangat utk terus berkiprah mengharumkan nama almamater dan Alumni IPB mendorong tim Sekebun menjajaki utk bisa berkontribusi di Buton, Sulawesi Tenggara. Kontribusi di tanah kelahiran adalah impian yg sdh lama ingin dilakukan.

Hari Senin (10 Februari 2020) tim SEKEBUN yg terdiri dari beberapa expert Aling Nurnaluri dgn kepakaran di bidang pemberdayaan, craft dan Sosial Bisnis, Rinrin Jamrianti sangat menguasai Teknologi Pangan dan Pasca Panen serta berpengalaman dlm pembinaan UMKM, Aas Asmahudroh ibu Guru yg ahli di bidang Sosiologi Pedesaan, Yana Sopiana dgn latar belakang Agromet dan expert di Promosi dan Pemasaran serta La Ode Rizal Razak konsultan Proper yg pakar dlm penanganan Lingkungan, berkesempatan berdiskusi dan dialog dengan Jajaran PemKab Buton yg di hadiri Oleh Ibu Wakil Bupati Buton, Bp Sekda, beberapa OPD yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi & UMKM, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan bbrp Kabag lainnya.

Diskusi mencakup 2 topik yg kami usulkan yaitu:

  • Konsep Wabula sebagai Desa Wisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism)
  • Peningkatan kualitas Produk UKM berbasis Sumber Daya Lokal ( bahan baku, proses produksi, pengemasan, pemasaran)

Membangun desa wisata berkelanjutan hrs melibatkan semua pihak terutama Pemda, swasta, dan Masyarakat sendiri sebagai penggerak Utama. Issue sampah plastik menjadi salah satu bahasan yg akan dilakukan upaya2 sistematis utk mencegah sampah terutama sampah plastik mencemari laut yg indah.

melakukan pembinaan ke masyarakat yg dimotori oleh local hero soal sampah, membentuk bank sampah, mengajarkan pemanfaatan limbah menjadi produk kreatif dll adalah bbrp contoh yg akan dilakukan.

Secara umum diskusi sangat produktif dan bbrp program sdh dijalankan oleh Pemkab. Penetapan fokus wisata pada 3 area yaitu wabula sebagai desa wisata Adat, teluk Pasarwajo sebagai wisata Diving dan Hutan lambusango sebagai wisata hutan lindung sangat sesuai dgn konsep yg kami usulkan

Semoga niat berkhidmat utk membantu menaikan taraf hidup masyarakat dgn tetap menjaga keseimbangan alam dan lingkungan akan bisa kami wujudkan.

Mohon Doanya..aamiin

Sumber : FB Musbakri Ahmad