Lolos Verifikasi, Ini Ungkapan BCR yang Diusung HA IPB

( kata)

Bogor (alumniipb.org) - Himpunan Alumni IPB (HA IPB) layak berbahagia. Ketiga Bakal Calon Rektor (BCR) IPB yang diusung setelah melalui konvensi dinyatakan lolos proses verifikasi oleh sidang Majelis Wali Amanat IPB, Jumat (28/7).

Menyoal lolosnya ketiga BCR yang diusung HA IPB, masing-masing kandidat mengungkapkan rasa bersyukur dan bahagianya. Ketiga BCR yang diusung HA IPB adalah DR Bayu Krisnamurthi, DR Rinekso Soekmadi serta Prof Wiku BB Adisasmito

“Alhamdulillah, IPB telah menampilkan putra dan putri terbaik untuk memimpin ke depan. Saya kenal hampir semua BCR IPB, semuanya terbaik. Kita percaya IPB akan meneruskan perkembangan yg selama ini sudah baik dan menjadikannya lebih baik lagi,” ujar Bayu Krisnamurthi kepada alumniipb.org, Selasa (1/8).

Bayu mengatakan, IPB akan menghadapi tantangan dan peluang  yang semakim besar. Bayu berpendapat, mahasiswa baru IPB yg akan datang adalah generasi milenial. 

Hal lainnya, ucap Bayu, IPB dituntut menjawab permasalahan seperti pembangunan pertanian berkelanjutan. Sedangkan mencakup internal IPB, pentingnya meningkatkan pelayanan di semua sisi, termasuk mensejahterakan staf IPB. 

Kandidat lainnya, Rinekso Soekmadi menyebutkan, IPB harus mendisrupsi manajemen perguruan tinggi dengan berbagai terobosan era baru pertanian. Tujuannya agar semakin diminati generasi muda dan menjanjikan kesejahteraan bangsa. 

Kemudian hasil riset dan inovasi IPB secara signifikan perlu dirasakan seluruh kalangan masyarakat. Selain itu, penguatan fasilitas laboratorium IPB dan jejaring kerjasama domestik maupun mancanegara harus menjadi salah satu fokus pengembangan unit kerja.

Sedangkan Wiku BB Adisasmito menuturkan, IPB memerlukan pemimpin perubahan yang mumpuni, terukur target kerjanya dan jauh dari retorika.

Selain itu, juga perlu transparansi dan akuntabilitas publik terhadap profil seluruh BCR-nya sehingga terbuka harapan dan masukan dari masyarakat.

“Selamat kepada IPB yang telah dapat menjaring minat banyak BCR internal. Masyarakat menunggu perubahan besar IPB untuk pembangunan pendidikan, pertanian dan pangan Indonesia,” kata Wiku BB Adisasmito. (eng/cr)