Telur Hasil Rekayasa IPB Kaya Kandungan Omega Tiga

( kata)

BOGOR (Alumniipb.org) -  Pakar Ayam dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Imam Rahayu Hidayati Soesanto akhirnya berhasil merekayasa telor ayam dengan kandungan omega 3 yang besarnya 10 kali lipat dari telur ayam biasa serta mengandung betakaroten yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak dan balita, serta bisa menjaga kesehatan.

"Telur rekayasa tersebut mengandung omega tiga yang besarnya 10 kali lipat dari kandungan DHA dan EPA yang biasa terdapat dalam telur. DHA dan EHA sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang penting dalam mencegah stres serta menjaga kesegaran kulit," papar Imam.

Pada laman Okezone.com imam menjelaskan, untuk menghasilkan telur bergizi tersebut, ayam petelur diberi pakan dengan campuran limbah ikan sarden yang juga mengandung omega tiga, enam dan sembilan. 

"Suplemen pakan ayam mengandung omega-3 ini sudah dipatenkan dengan nomor ID P 0023652," ujarnya.

Saat ini, papar Imam, telur kaya gizi itu sudah bisa di dapatkan di beberapa super market khususnya di seputaran wilayah Jabodetabek baik dalam bentuk mentahan ataupun dalam bentuk sudah matang.

"Kami sudah bekerjasama dengan salah satu distributor di Jakarta dengan total 1.000 ayam. Setiap minggunya kami memproduksi sekira 4.200 butir telur," ungkap Imam. 

Menurut Guru Besar IPB itu, salah satu ciri telur omega 3 tersebut adalah kuning telurnya berwarna kuning pekat.

 

"Kuning telur omega 3 bisa diangkat dipisahkan dari putih telurnya. Jika diangkat tidak mudah pecah. Itulah ciri khas telur omega 3, selain kandungannya yang mengandung EPA dan DHA esensial untuk perkembangan otak balita, dan mencegah risiko jantung koroner," jelasnya. (Zul/Okz)